07 October 2018

Cara Membuat Aplikasi Raport



Raport adalah suatu salah satu tanda bukti penilaian guru terhadap siswanya dengan metode tertulis. Selama ini kebanyakan guru-guru menggunakan alat tulis manual seperti buku, tetapi sekarang saya akan membuat perbedaan untuk mempermudah dalam penilaian terhadap siswa dengan berbentuk aplikasi.  Pembuatan aplikasi dengan memanfaatkan aplikasi microsoft excel. Berikut adalah tutorial membuat aplikasi raport dengan microsoft excel.




1. Buatlah menu raport
    Menu raport adalah tampilan yang berisi pilihan-pilihan yang bisa kita pilih dengan cara mengklik ikon ataupun karakter tertentu yang mengantarkan kita ke halaman yang kita pilih





2. Buatlah data sesuai kebutuhan yang harus di masukan
    Data yang dimasukan lumayan banyak yaitu tergantung kebutuhan yang diperlukan seperti data siswa, daftar nilai, kehadiran, dan lain-lain. Contoh seperti data nilai di bawah ini.




Setelah itu ganti nama lembar kerja sesuai dengan data yang berada di dalamnya






3. Buatlah link supaya ketika mengklik gambar atau karakter tertentu yang kita pilih bisa terbuka apa yang kita pilih. Caranya yaitu dengan menggunakan hyperlink.
a) Pertama kliklah karakter yang akan kita gunakan untuk tobol menuju yang kita pilih





 b) Pilih menu insert -> pilih hyperlink





c) Klik place in this document



d) Pilih data yang akan kamu jadikan sebagai pintasan tombol yang kamu buat dengan data yang benar.

e) Klik ok

f) Data yang kamu buat telah berhasil dan silahkan cek hasilnya.


Alasan Menulis Artikel Ini:
Saya sangat ingin membantu mempermudah pekerjaan guru salah satunya dengan mempermudah cara penilaian terhadap siswa dengan media aplikasi yang dibuat supaya guru tidak lagi repot dalam pengerjaan pembuatan raport. Kemudian saya juga sangat ingin sekali menyebarluaskan ilmu yang sudah saya miliki supaya oranglain juga bisa memanfaatkannya














No comments:

Post a Comment